Search

Ventilator Rancangan NASA Sebagai Antisipasi untuk Hadapi Wabah Covid-19 Gelombang Kedua - Tribun Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID - Karena tingginya angka infeksi virus corona membuat rumah sakit kewalahan menyediakan ventilator untuk pasien Covid-19 yang parah. Mengantisipasi gelombang kedua pandemi corona, NASA ikut mengembangkan alat medis ini.

Ada sekelompok tim insinyur badan antariksa Amerika ini telah mengembangkan ventilator yang dapat diproduksi secara massal dan dirancang khusus untuk pasien Covid-19.

Dilaporkan dari Science Alert, Sabtu (25/4/2020), terkait produk ventilator ini, tim insinyur NASA juga telah mengajukan permohanan untuk mendapat persetujuan darurat dari Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat.

Gaji Rp 80 Juta per Bulan? Ini Kisah Seorang Pegawai Swasta Dengan Gaji Rp 80 Juta per Bulan

Pebisnis Asal China, Jack Ma Merilis 3 Buku Digital Panduan Penanganan Rumah Sakit Covid-19

Tim insinyur di Jet Propulsion Laboratory di Pasadena, California, merancang dan membangun ventilator hanya dalam 37 hari.

Ventilator buatan NASA ini dilabeli dengan nama VITAL (Ventilator Intervention Technology Accessible Locally), menggunakan seperlima bagian yang diperlukan pada ventilator konvensional.

Oleh karenanya, ventilator ini diklaim lebih mudah untuk diproduksi secara massal dan cepat.

Administrator NASA mengatakan lisensi atas produksi ventilator ini nantinya akan ditawarkan secara gratis untuk membantu mempercepat distribusi alat bantu pernapasan tersebut ke rumah sakit.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi tanggap darurat dalam menghadapi kemungkinan adanya gelombang kedua pandemi corona ini.

Sebab, para ahli memperkirakan jika gelombang kedua Covid-19 ini terjadi, maka kebutuhan akan ventilator juga akan meningkat di seluruh negeri.

"Unit perawatan intensif melihat pasien Covid-19 yang membutuhkan ventilator sangat dinamis," kata Dr. J.D Polk, kepala petugas kesehatan dan medis NASA, seperti dikutip dari Business Insider.

Tim insinyur NASA dari Jet Propulsion Laboratory menunjukkan ventilator VITAL yang akan digunakan untuk membantu pasien yang terinfeksi virus corona, Covid-19
Tim insinyur NASA dari Jet Propulsion Laboratory menunjukkan ventilator VITAL yang akan digunakan untuk membantu pasien yang terinfeksi virus corona, Covid-19 (Kompas.com)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 25, 2020 at 12:48PM
https://ift.tt/2xZXW65

Ventilator Rancangan NASA Sebagai Antisipasi untuk Hadapi Wabah Covid-19 Gelombang Kedua - Tribun Manado
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Ventilator Rancangan NASA Sebagai Antisipasi untuk Hadapi Wabah Covid-19 Gelombang Kedua - Tribun Manado"

Post a Comment


Powered by Blogger.