Search

Hati-hati! Ini yang Bikin 500 Juta iPhone Terancam Bahaya - CNBC Indonesia

Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan cybersecurity ZecOps menemukan sebuah bug yang membuat hacker bisa meretas dan mencuri data pengguna lebih dari 500 juta iPhone. Celah keamanan ini juga ditemukan pada iPad.

Dalam penelusuran ZecOps bug ini telah ada sejak 2012 atau iPhone yang menggunakan iOS 6. Diduga bug ini sudah digunakan sebanyak enam kali untuk serangan cyber di iPhone pengguna tertentu.


Bug ini terdapat pada aplikasi Mail, sebuah aplikasi email yang terinstal otomatis pada semua iPhone. Bug ini diberi nama sebagai 'nol klik', di mana pengguna akan dikirim email kosong. Pesan yang muncul "Pesan ini tidak memiliki konten".

Ketika email tersebut diklik atau dibuka dengan segera perangkat akan disusupi. Meski terlihat kosong, email ini berisi kode rahasia yang dirancang untuk membahayakan sistem dan melumpuhkan aplikasi Mail.

Hacker yang menyusup dapat membaca, mengedit, menghapus email apapun dalam aplikasi Mail. Selain itu, hakcer juga bisa menghapus email kosong yang dikirimkan sebelumnya.

"Selain gejala perlambatan sementara pada aplikasi Mail, pengguna tidak bisa mendeteksi perilaku aneh lainnya dari iPhone," tulis ZecOps seperti dilansir dari The Sun, Jumat (24/4/2020),

Pakar cyber memperingatkan bahwa bug itu digunakan untuk menargetkan perusahaan Fortune 500 di Amerika, serta jurnalis dan pekerja teknologi.

Kepada Reuters, Seorang juru bicara Apple mengakui bahwa ada kerentanan dalam software Apple untuk email pada iPhone dan iPad, yang dikenal sebagai aplikasi Mail, dan perusahaan telah mengembangkan perbaikan, yang akan diluncurkan dalam pembaruan (update) yang akan datang pada jutaan perangkat yang telah dijual secara global.

[Gambas:Video CNBC]

(roy/roy)

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
April 24, 2020 at 10:18AM
https://ift.tt/2VTuw1x

Hati-hati! Ini yang Bikin 500 Juta iPhone Terancam Bahaya - CNBC Indonesia
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Hati-hati! Ini yang Bikin 500 Juta iPhone Terancam Bahaya - CNBC Indonesia"

Post a Comment


Powered by Blogger.