Search

Penjualan Ponsel di Cina Menukik Akibat Virus Corona - Tempo

TEMPO.CO, Hong Kong - Pasar ponsel cerdas Cina, yang terbesar di dunia, akan mengalami penurunan besar-besaran akibat wabah baru virus corona.

Pengiriman ponsel di Cina kemungkinan akan turun 40 persen pada kuartal pertama 2020 dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut laporan baru dari perusahaan riset IDC, sebagaimana dikutip CNN, 28 Februari 2020.

Itu berarti konsumen Cina akan membeli 33 juta lebih sedikit ponsel dalam tiga bulan pertama tahun ini, menurut Will Wong, seorang analis IDC.

Ketika IDC memperbarui perkiraannya tahun lalu, IDC hanya mengharapkan penurunan 5 persen pada kuartal pertama 2020, kata Wong.

"Bahkan dengan potensi pemulihan Maret, masih akan sulit untuk mencapai level tahun lalu untuk kuartal pertama,” ia menambahkan.

Akan ada efek untuk pengiriman ponsel global, yang menurut perkiraan IDC akan turun 10,6 persen pada paruh pertama 2020, dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Bisnis di Cina terhenti ketika wabah melambat akhir bulan lalu. Perusahaan-perusahaan telah berjuang untuk kembali normal, karena ratusan juta orang di Cina masih berada dalam batasan perjalanan.

"Kekurangan komponen, penutupan pabrik, mandat karantina, logistik, dan pembatasan perjalanan akan menciptakan hambatan bagi vendor ponsel cerdas untuk memproduksi handset dan meluncurkan perangkat baru," kata analis IDC Sangeetika Srivastava dalam siaran pers.

"Penjualan seharusnya stabil di akhir tahun saat smartphone 5G diluncurkan, asalkan wabah surut," Srivastava menambahkan.

Apple memperingatkan para investor bulan ini bahwa wabah virus corona merugikan bisnisnya lebih dari yang diperkirakan sebelumnya dengan membatasi berapa banyak perangkat yang dapat dibuat dan dijual di Cina.

Dalam pembaruan investor, Apple mengatakan tidak lagi mengharapkan untuk memenuhi pedoman pendapatan yang diberikan bulan lalu untuk kuartal Maret mendatang.

"Pekerjaan mulai kembali di seluruh negeri, tetapi kami mengalami pengembalian yang lebih lambat ke kondisi normal daripada yang kami perkirakan," kata perusahaan itu.

Huawei juga akan sangat terpukul. Perusahaan teknologi Cina itu adalah merek smartphone terlaris di Cina, dengan lebih dari 38 persen pangsa pasar tahun lalu, menurut IDC.

Seorang juru bicara Huawei menolak berkomentar, dan mengatakan perusahaan tidak berspekulasi pada kinerja pasar.

CNN | IDC

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terbaru - Google Berita
March 01, 2020 at 02:24PM
https://ift.tt/2TtlGWV

Penjualan Ponsel di Cina Menukik Akibat Virus Corona - Tempo
Teknologi - Terbaru - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Penjualan Ponsel di Cina Menukik Akibat Virus Corona - Tempo"

Post a Comment


Powered by Blogger.