Search

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan Diremehkan - detikInet

Jakarta - Xiaomi sepertinya masih betah berkutat di segmen menengah di Indonesia. Pada pertengahan Oktober 2019 lalu, Xiaomi merilis Redmi Note 8 di Tanah Air.

Dengan harga yang terjangkau, Redmi Note 8 mengusung beberapa fitur yang biasanya hanya bisa didapatkan di ponsel dengan price point lebih tinggi. Sebut saja display Full HD+ dan USB-C.


Tapi daya tarik utamanya tentu empat kamera belakang yang salah satunya berukuran 48 MP. Ingin tahu seperti apa performa keseluruhan Redmi Note 8? Simak terus ulasan detikINET berikut. Desain Menawan

Redmi Note 8 hadir dengan kelir gradasi yang kekinian. Unit yang dijajal detikINET adalah varian Neptune Blue dengan gradasi warna biru muda dan ungu yang jika terkena cahaya akan muncul garis-garis yang meliuk-liuk.

Bagian belakangnya dilapisi dengan Gorilla Glass 5, sama dengan layarnya. Keempat sisinya hadir dengan rounded edges yang membulat sehingga membuat ponsel nyaman untuk digenggam dalam waktu lama.

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan DiremehkanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Keempat kamera belakangnya ditempatkan secara vertikal di sisi kanan atas ponsel yang bersebelahan dengan flash LED. Bagian kameranya menonjol cukup tinggi dibanding permukaan ponsel, sehingga jika ponsel ditaruh di permukaan rata seperti meja tidak bisa berbaring dengan sempurna.

Bagian belakang Redmi Note 8 juga dihiasi dengan sensor sidik jari di bagian tengah dan logo Redmi di sisi kanan bawah. Sensor sidik jari yang disediakan bekerja dengan cukup responsif dan akurat.

Beralih ke bagian depan, layar Redmi Note 8 menggunakan notch berbentuk tetesan air yang menjadi rumah untuk kamera depannya. Bezel di sisi kiri, kanan dan atas terbilang cukup tipis, tapi dagu di bagian bawah terbilang lebar yang cukup untuk menaruh logo Redmi.

Selain itu, bagian ujung kiri, kanan dan bawah layar dihiasi lis berwarna biru yang membuat tampilan ponsel seperti dikelilingi halo. Lis ini memang membuat tampilan ponsel terlihat beda dibanding kompetitor tapi mungkin beberapa orang akan merasa terganggu jika ingin main game atau menonton video dalam mode full screen.

Bagian bawah menjadi tempat USB-C untuk pengisian daya, yang diapit oleh headphone jack 3,5 mm di sisi kiri dan speaker di sisi kanan. Tombol volume dan power ditempatkan di sisi kanan ponsel dan slot untuk dual SIM dan microSD berada di sisi kiri.

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan DiremehkanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET
Redmi Note 8 menjalankan sistem operasi Android 9 (Pie) yang antarmukanya menggunakan MIUI Global 10.3.2. Tidak banyak perubahan berarti dibanding MIUI versi sebelumnya, tapi versi terbaru ini membawa Dark Mode yang bisa membuat mata menjadi lebih nyaman ketika menggunakan ponsel di ruangan yang gelap.

Redmi Note 8 juga dibekali dengan beberapa aplikasi bloatware yang untungnya bisa di-uninstall jika tidak digunakan. Beberapa aplikasi bawaan dari Xiaomi sayangnya masih sering memunculkan notifikasi, tapi iklan yang biasanya menjadi keluhan pengguna sudah jarang muncul di ponsel.

Layar dan Audio

Display Redmi Note 8 menggunakan panel LCD berukuran 6,3 inch dengan rasio screen to body 81,7%. Layarnya memiliki resolusi 1080 x 2340 pixel (FullHD+) dengan rasio aspek 19,5:9.

Walau hanya menggunakan panel IPS, Redmi Note 8 tetap bisa mereproduksi warna dengan cukup tajam dan akurat. Ponsel ini juga mendapat sertifikasi Widevine L1 sehingga bisa menikmati konten YouTube dan Netflix dengan kualitas HD tertinggi tanpa masalah.

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan DiremehkanFoto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk melindungi mata dari sinar biru, Redmi Note 8 dilengkapi dengan Reading mode yang bisa membuat layar terlihat lebih hangat dan mata menjadi lebih nyaman.

Walau hanya menyediakan satu speaker, suara yang dihasilkan Redmi Note 8 saat menikmati musik atau video terdengar cukup keras, walau beberapa detail seperti bass tidak begitu nendang.

Performa dan Baterai

Redmi Note 8 yang dijajal oleh detikINET merupakan varian tertinggi dan termahal dengan konfigurasi RAM 6GB dan ROM 128 GB. Dapur pacunya menggunakan Qualcomm Snapdragon 665 yang membawa sejumlah peningkatan dari segi performa dan efisiensi daya dibanding pendahulunya.

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
December 03, 2019 at 08:01AM
https://ift.tt/2OJ1GyE

Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan Diremehkan - detikInet
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Redmi Note 8, Murah Tapi Jangan Diremehkan - detikInet"

Post a Comment


Powered by Blogger.