Search

Redmi Note 8, Smartphone Berkamera 48 MP dengan Harga Terjangkau - iNews

JAKARTA, iNews.id - Jajaran Redmi Note 8 belum lama ini debut di Indonesia. Salah satu yang perangkat yang diperkenalkan di Indonesia adalah Redmi Note 8.

Redmi Note 8 membawa empat kamera dibelakang, layaknya smartphone kebanyakan di kelas mid-ranges. Dibanding Redmi Note 8 Pro, versi standar ini mempunyai spesifikasi yang berbeda.

Selain spesifikasi, Redmi Note 8 Pro juga hadir dengan varian lebih banyak dibanding versi Pro. Redmi Note 8 hadir di Indonesia dalam beberapa model yakni 3GB+32GB, 4GB+64GB, dan 6GB+128GB.

Beruntung iNews.id mendapatkan kesempatan untuk mengulas lebih dalam varian yang tertinggi yakni 6GB+128GB. Jadi, bisa mengetahui kinerja ponsel baru Redmi tersebut.

Unboxing
Redmi Note 8 hadir dengan kotak berwarna putih yang tidak terlalu besar. Saat di buka, Anda terlebih dulu akan menemukan kotak berisi buku panduan dan case.

(Foto: iNews.id/ Dini)

Di bawahnya barulah terdapat ponsel Redmi Note 8 yang dibungkus dengan plastik. Di bagian paling bawah kotak hanya terdapat adaptor dan kabel type-C untuk mengisi daya.

Jadi jangan harap untuk menemukan headset di dalam kotak bersama dengan ponsel Redmi Note 8 ini.

(Foto: iNews.id/ Dini)

Desain
Redmi Note 8 mempunyai desain yang sedikit berbeda dengan saudaranya, Redmi Note 8 Pro. Desainnya agak sedikit mirip dengan Redmi Note 7.

Kendati demikian, desain Redmi Note 8 masih elegan. Bagian depan dan belakangnya sudah dilapisi Corning Gorilla Glass 5 sehingga lebih terlindungi saat jatuh.

Dengan body 158.3 x 75.3 x 8.4 mm, smartphone masih nyaman digenggam. Bagian belakang yang dilapisi Corning Gorilla Glass juga tidak membuat Redmi Note 8 ini menjadi licin dan tak terlihat cepat kotor.

Melihat sisi ke sisi, di bagian kanan Redmi Note 8 mempunyai tombol volume dan power sedangkan di sebelah kiri terdapat slot untuk dua SIM Card dan satu microSD.

Di bagian bawah, terdapat USB Type-C yang diapit oleh lubang speaker di sebelah kanan dan headphone jack 3.5mm di kiri.

Di bagian belakang, Redmi Note 8 hadir terdapat empat kamera di sudut kiri atas ponsel dengan desain holo ring. Di tengahnya terlihat sensor fingerprint yang ukurannya semakin kecil.

Soal warna, Redmi Note 8 hadir di Indonesia dengan tiga opsi warna yakni Neptune Blue, Space Black, dan Moonlight White. iNews.id berkesempatan mendapat yang Moonlight White.

Menurut saya, warna Moonlight White terasa cocok untuk wanita karena terkesan elegan. Plus, putihnya ada kombinasi warna biru dan ungu di bagian paling bawah.

(Foto: iNews.id/ Dini)

Layar
Redmi Note 8 dilengkapi layar 6.3 inci dengan Dot drop di atasnya sebagai rumah kamera depan. Layar Redmi Note 8 mempunyai screen-to-body ratio 90 persen sehingga tampilannya lebih luas.

Berkat tampilannya yang luas, saya cukup nyaman untuk menonton video atau film. Terlebih, layar yang digunakan sudah menggunakan FHD+ incell LCD, 2340x1080 piksel dengan kerapatan 509 ppi.

Untuk menambahkan kenyamanan mata, Redmi Note 8 juga sudah menawarkan mode sunlight, malam, dan baca. Redmi Note 8 juga sudah terverifikasi pleh TUV Rheinland.

Layaknya di belakang, pada bagian depan Redmi Note 8 juga sudah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5. Dengan begitu, ponsel bisa terlindungi saat jatuh.

(Foto: iNews.id/ Dini)

Kamera
Redmi Note 8 dibekali dengan empat kamera di bagian belakang. Kamera belakang Redmi Note 8 ini terdiri atas 48MP lensa wide, 8MP ultra-wide, 2 MP macro, dan 2 MP depth sensor yang berjajar secara vertikal di sudut kiri atas.

Pada kamera belakang Redmi Note 8 terdapat banyak opsi pengambilan gambar. Misalnya, ada opsi 48MP di kamera belakang Redmi Note 8 ini yang menggunakan sensor Samsung GW-1.

Saya pun mencoba menggunakan opsi 48MP untuk mengambil gambar sebuah gedung. Hasilnya, gambar yang dihasilkan tajam dan warnanya terlihat natural.

(Foto: iNews.id/Dini)

Ada juga opsi Pro Di opsi Pro ini pengguna dapat mengatur ISO, White Balance, hingga lensa yang digunakan. Ada tiga pilihan lensa yang dapat digunakan yakni makro, ultra-wide, dan wide.

Ultra-wide (Foto: iNews.id/Dini)

Saya mencoba menggunakan lensa ultra-wide dan wide. Saat dibandingkan, luas bidang pengambilan gambar perbedaannya sangat signifikan.

Selain Pro, ada juga mode Panorama dan tak ketinggalan opsi Night layaknya smartphone yang belakangan diluncurkan. Jadi, pengguna bisa menggunakan opsi ini untuk mengambil gambar di malam hari dengan hasil yang jernih.

Foto malam menggunakan Night Mode (Foto: iNews.id/Dini)

Untuk pengambilan video, Redmi Note 8 sudah bisa merekam hingga 4K dengan 30fps. Anda juga dapat membuat short movie menggunakan smartphone Redmi terbaru.

Beralih ke bagian depan, Redmi Note 8 sudah dibekali dengan kamera 13 MP yang sudah mendukung AI. Ada beberapa mode yang bisa digunakan untuk mempercantik foto selfie.

Selfie AI diaktifkan tanpa beauty mode (Foto: iNews.id/Dini)

Beberapa mode yang ada di kamera belakang juga memungkinkan untuk digunakan di bagian depan. Misalnya, portrait dan panorama. Sedangkan untuk video, kamera depan tidak mempunyai opsi perekaman berkualitas 4K.

Performa dan Fitur
Redmi Note 8 beroperasi menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 665. Chipset Qualcomm ini diklaim dapat menghadirkan pengalaman pengguna yang ditingkatkan berkat teknologi AI di dalamnya.

Chipset Qualcomm yang ada di dalam Redmi Note 8 ditemani oleh RAM 6GB dan ruang penyimpanan 128GB. Berkat kombinasi chip dan memori di bagian ponsel, Redmi Note 8 ini dapat berjalan mulus.

Saat digunakan untuk multitasking smartphone juga dapat berjalan cepat. Begitu juga dengan bermain game seperti PUBG dalam pengaturan grafis balanced dan frame rate medium, Redmi Note 8 berjalan tanpa lag.

Tak hanya berdasarkan pengalaman pengguna, saya juga menguji smartphone dengan benchmark AnTuTu. Dalam aplikasi benchmark, Redmi Note 8 dapat mencetak skor 170828.

Di samping itu, performa baterai Redmi Note 8 juga terbilang bagus. Selama penggunaan, saudara Redmi Note 8 Pro ini dapat bertahan selama seharian.

Padahal, smartphone sudah digunakan untuk mendengarkan musik, menonton film, dan bekerja. Namun, baterai masih bisa bertahan hingga seharian. Memang, Redmi Note 8 sudah dibekali dengan baterai 4.000 mAh, sehingga bisa mengakomordir kegiatan pengguna seharian.

Karena berbekal baterai cukup besar, Redmi Note 8 sudah dibekali dengan pengisian baterai cepat 18W. Pengalaman saya mengisi baterai dari sekitar 40 persen hingga 100 persen memakan waktu sekitar satu jam.

Redmi Note 8 sudah dibekali dengan port USB Type-C. Jadi pengguna bisa menggunakan charger bolah balik. Ponsel juga sudah mendukung USB on-the-go.

Dengan dukungan USB one-the-go, pengguna akan lebih mudah memindahkan data dari ponsel ke perangkat lain baik itu smartphone maupun PC. Kendati demikian, Redmi Note 8 tidak mendukung NFC di belakangnya, seperti layaknya versi Pro.

Kesimpulan
Redmi Note 8 hadir di Indonesia dengan tiga opsi. Masing-masing opsi yang ditawarkan Redmi ini mempunyai harga yang berbeda-beda.

Redmi Note 8 dengan 3+32GB Rp1.999.000, 4GB+64GB Rp2.199.000, dan 6GB+128GB Rp2.799.000. Dengan beragam harga yang ditawarkan, smartphone ini bisa menjadi pilihan yang menarik.

Meski murah, Redmi Note 8 mempunyai desain yang tidak murahan. Bagian belakangnya dibalut dengan Corning Gorilla Glass, sehingga tidak cepat tergores benda-benda tajam yang ada di atas.

Performa Redmi Note 8 juga tidak kalah baik dibanding smartphone di kelasnya. Apalagi, dengan harga Rp2 jutaan, sudah mendapatkan RAM dan memori internal besar.

Selain performa yang baik, Redmi Note 8 juga mempunyai baterai berkapasitas besar. Jadi, pengguna tidak perlu bolak-balik mengisi daya baterai ponsel.

Editor : Dini Listiyani

Let's block ads! (Why?)



Teknologi - Terkini - Google Berita
October 26, 2019 at 05:17PM
https://ift.tt/32MTu4Q

Redmi Note 8, Smartphone Berkamera 48 MP dengan Harga Terjangkau - iNews
Teknologi - Terkini - Google Berita
https://ift.tt/2ZG5aJj

Bagikan Berita Ini

0 Response to "Redmi Note 8, Smartphone Berkamera 48 MP dengan Harga Terjangkau - iNews"

Post a Comment


Powered by Blogger.